Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Garut hari ini (09/12) menyelenggarakan kegiatan FGD Penyusunan Feasibility Study (FS) pembangunan Rumah Potong Hewan (RPH). Kegiatan ini dimaksudkan untuk mendapatkan masukan dari para stakeholder terkait rencana pembangunan Rumah Potong Hewan (RPH) terstandar NKV pada Tahun 2020.

Pembangunan Rumah Potong Hewan (RPH) merupakan salah satu Gerakan Besar yang dicanangkan Dinas Perikanan dan Peternakan pada periode RPJMD/RenstraTahun 2019-2024. Hal ini dikarenakan sampai saat ini Kabupaten Garut merupakan satu dari 2 kab/kota di Jawa Barat yg masih belum memiliki RPH sesuai standar NKV / Animal Warfare.

Rumah Potong Hewan (RPH) yg akan dibangun merupakan RPH Ruminansia untuk pemotongan daging sapi/kerbau, domba dan Kambing yg direncanakan berlokasi di Kecamatan Limbangan. Pembangunan direncanakan dilaksanakan secara bertahap dari mulai Tahun 2020 sampai dgn Tahun 2024.

Dengan dibangunnya RPH yg memadai sesuai standar kelayakan teknis dan standar kesehatan, diharapkan produksi hasil pemotongan daging di Kabupaten Garut dapat dtingkatkan sehingga bisa mendorong peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Garut dari Sektor Peternakan. (-DS)