Dalam rangka meningkatkan kinerja pelayanan publik, Dinas Perikanan dan Peternakan melakukan Pembaruan/pengembangam aplikasi Sistem Evaluasi Pelayanan Publik. Tujuannya adalah untuk semakin memudahkan user (petugas pelayanan) untuk melakukan pelaporan hasil survei kepuasan masyarakat.

Sistem Evaluasi Pelayanan Publik merupakan sebuah sistem yang dibangun Dinas Perikanan dan Peter akan dalam rangka mempermudah dan mempercepat proses pelaporan dan evaluasi hasil survei kepuasan masyarakat. Aplikasi ini awalnya merupakan inovasi proyek perubahan Diklat PIM IV yang mulai aktif dipergunakan sejak awal 2019.

Beberapa keunggulan dari aplikasi ini antara lain: 1. Memudahkan petugas petugas survei du setiap unit kerja pelayanan dalam melakukan pelaporan hasil survei kepuasan masyarakar secara real time, 2. Memudahkan petugas mengakses aplikasi dan mengirim laporan hasil survei kapan saja dan dimana saja secara online 3. Memudahkan analisis Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) terkait kinerja unit layanan, 4. Memudahkan pimpinan, stakeholder dan pemangku kepentingan dalam mengakses hasil survei setiap waktu dibutuhkan.

Saat ini aplikasi Evaluasi Pelayanan Publik telah digunakan oleh petugas dari bidang2 maupun UPT Diskannak dalam melaporkan hasil survei kepuasan masyarakat yg dilaksanakan di masing2 unit kerjanya. Laporan ini langsung dianalisis oleh sistem secara real time dan hasilnya digunakan oleh Subag Perencanaan & Evlap sebagai bahan pelaporan IKM SKPD setiap semester.

Pada Tahun 2019 aplikasi Sistem Evaluasi Pelayanan Publik Diskannak kembali diperbaharui dan dikembangkan agar semakin nyaman digunakan. Beberapa pembaruan yg dilaksanakan diantaranya adalah:

1. Integrasi aplikasi dengan website diskannak https://diskannak.garutkab.go.id sehingga proses pelaporan bisa langsung diakses melalui situs web resmi diskannak,

2. Perubahan fitur dan tampilan agar semakin user friendly

3. Perbaikan sistem perhitungan / kalkulasi analisis Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) sesuai sistem perhitungan dalam Permenpan RB No. 14 Tahun 2017 tentanf Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik.

Saat ini Sistem Evaluasi Pelayanan Publik bisa diakses melalui dua alamat yaitu https://e-yanlikdiskannak.kabgarut.com atau melalui web resmi dinas https://diskannak.garutkab.co.id.