Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Garut pada hari Senin (09/12) mendampingi tim dari Bidang Ekonomi Bappeda meninjau lokasi rencana pembangunan kawasan peternakan yg berada di Kecamatan Sukawening Kabupaten Garut. Kegiatan peninjauan lokasi ini merupakan tindaklanjut dari hasil FGD rencana pembangunan kawasan peternakan yg telah dilaksanakan Diskannak minggu lalu.

Pembangunan kawasan peternakan merupakan salah satu kegiatan unggulan yang akan dilaksanakan Dinas Perikanan dan Peternakan pada Tahun 2020. Kegiatan ini merupakan bagian dari Gerakan Besar Pembangunan Perikanan dan Peternakan yang telah dicanangkan untuk dilaksanakan pada periode RPJMD dan Rensta Tahun 2019-2024.

Di lokasi kawasan seluas 3.5 Ha ini Dinas Perikanan dan Peternakan berencana untuk membangun Balai Pembibitan Ternak Domba Garut. Balai pembibitan ini direncanakan akan menjadi pusat percontohan peternakan domba Garut serta pusat pengembangan Hijauan Makanan Ternak.

Tujuan pembangunan Balai pembibitan Ternak adalah membentuk kawasan peternakan dalam rangka mendorong peningkatan produksi hasil peternakan terutama produksi daging.

Selain itu kawasan ini akan menjadi pusat pengembangan flasma nutfah Domba Garut. Hal ini karena sebagai salah satu icon komoditas peternakan yg sudah mengakar di masyarakat di Kabupaten Garut, domba Garut berpotensi menjadi komoditas unggulan yg diharapkan mampu mendorong peningkatan ekonomi masyarakat sehingga perlu dilestarikan keberadaannya.

Secara bertahap lokasi balai pembibitan ternak ini akan terus dikembangkan hingga mencapai minimal 10 Ha. Selain akan dibangun kandang percontohan, di lokasi ini akan dibangun kantor pengelola, sarana pelatihan, serta instalasi pengolahan pakan (-DS)