Hari Senin (20/01) Dinas Perikanan dan Peternakan melaksanakan kegiatan Penebaran ikan nila nirwana di situ Ranca Gede desa sukanegara kec. Peundeuy. Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan produksi perikanan di perairan umum yg ada di Kabupaten Garut.

Selain dihadiri oleh Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan. hadir pula Bapak Wakil Bupati Garut, Kepala Dinas Pertanian serta Kabid Perikanan Budidaya dan Kabid Perikanan Tangkap. Selain itu turut hadir Camat Peundeuy, Kapolsek Danramil Peundeuy, Tokoh Ulama dan PKK desa Sukanegara.

Tujuan Kegiatan penebaran ikan ini adalah untuk meningkatkan populasi ikan melalui penebaran benih ikan nila nirwana. Ikan Nila Nirwana merupakan salah satu jenis ikan unggulan yang cocok dikembangkan di wilayah Garut.

Situ Ranca Gede Desa Sukanegara Peundeuy memiliki potensi alam yg indah, dapat dijadikan destinasi wisata dan pengembangan perikanan air tawar, yg diharapkan akan menjadi lumbung ikan sekaligus sumber protein hewani bagi masyarakat.

Untuk tahap awal, Dinas Perikanan dan Peternakan melakukan penebaran perdana benih ikan nila, sebanyak 15.000 ekor. Diharapkan setelah berumur 4-5 bulan ikan tersebut dapat dipanen sebanyak 2 ton ikan nila ukuran konsumsi.

Hasil ikan ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar sebagai sumber pemenuhan kebutuhan akan protein hewani yg sangat baik untuk kesehatan dan kecerdasan otak (-DS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *